Cek Bansos Kemensos 2023, Daftar Nama Penerima Bansos Kemensos go id

BPNT merupakan program pemerintah yang memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin. Program ini bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat miskin, terutama dalam bentuk bahan makanan pokok. BPNT atau Kartu Sembako merupakan salah satu Bantuan Sosial (Bansos) yang akan disalurkan pemerintah pada tahun 2023.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menyampaikan bahwa anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 direncanakan sebesar Rp479,1 triliun. Selain BPNT, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bansos yang rutin disalurkan setiap tahun oleh pemerintah.

PKH ditujukan untuk keluarga miskin dengan kategori khusus, yaitu ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia (lansia). Keluarga yang memenuhi kriteria tersebut dapat mempersiapkan diri dengan melakukan cek daftar nama penerima PKH 2023 terlebih dahulu, yang bisa dilakukan secara online di website cekbansos.kemensos.go.id.

Masyarakat dapat memeriksa apakah sudah terdaftar atau belum sebagai penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 2023 dengan membuka laman cekbansos.kemensos.go.id. Penerima PKH akan menerima bantuan hingga Rp3 juta setahun. Kemensos menyediakan dua cara pendaftaran atau pendataan penerima PKH, yaitu online dan offline.

Untuk pendaftaran online, masyarakat dapat mengajukan diri sebagai penerima PKH melalui fitur usul pada Aplikasi Cek Bansos. Sedangkan untuk pendaftaran offline, masyarakat dapat mendaftarkan diri langsung ke balai desa atau kantor kelurahan, atau melalui usulan dari RT/RW ke desa atau kelurahan.

Cara Daftar Nama Penerima Bansos 2023 Online

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) biasanya disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dalam empat tahap, yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Bantuan PKH disalurkan melalui Bank Himbara, yang meliputi BRI, BNI, BTN, dan Mandiri di seluruh Indonesia. Namun, sebelum menerima bantuan PKH, masyarakat harus memastikan bahwa mereka terdaftar di DTKS. Kemensos hanya akan menyalurkan bantuan PKH sesuai database DTKS.

Baca Juga :  Cara Cek BLT BSU Terbaru dengan NIK lewat BPJS Ketenagakerjaan

Untuk memastikan terdaftar di DTKS, masyarakat dapat melakukan cek daftar nama penerima PKH 2023 secara online di cekbansos.kemensos.go.id. Berikut adalah langkah-langkah cek Daftar Penerima Bansos 2023 secara online:

  1. Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan nama sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi pada kolom putih sesuai petunjuk. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA.
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat (PM) sesuai wilayah yang dimasukkan.

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), maka akan muncul nama penerima, wilayah, umur, dan jenis bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM). Pada kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM, akan terdapat informasi mengenai status (YA) dan keterangan (proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia) penerimaan bantuan serta periode penerimaannya.

Setelah mengetahui informasi tersebut, masyarakat hanya perlu menunggu informasi jadwal pencairan bantuan yang disampaikan lewat undangan dari Kemensos.

Daftar Besaran Bantuan Yang Akan Diterima

Kementerian Sosial (Kemensos) masih memberikan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sesuai dengan kategori penerima. Berikut adalah besaran bantuan PKH sesuai dengan kategori yang dipenuhi, berikut rinciannya:

  • Ibu hamil atau nifas mendapat Rp3 juta setahun.
  • Anak usia dini 0-6 tahun mendapat Rp3 juta setahun.
  • Anak sekolah atau siswa SD/sederajat mendapat Rp900.000 setahun.
  • Siswa SMP/sederajat mendapat Rp1,5 juta setahun.
  • Siswa SMA/sederajat mendapat Rp2 juta setahun.
  • Penyandang disabilitas berat memperoleh Rp2,4 juta setahun.
  • Lansia di atas 60 tahun memperoleh Rp2,4 juta setahun.

Demikian informasi mengenai cara cek daftar nama penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 2023 secara online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dan memudahkan proses pengambilan bantuan. Selamat mengecek dan semoga bantuan PKH dapat terus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga :  Cara Cek Daftar Nama Penerima BLT Terbaru 2022, Cek Namamu Disini!

Informasi ini merupakan cara cek daftar nama penerima PKH 2023 secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id. Semoga bermanfaat.