Menyimak Cara Kerja Domain dan Tips Menentukan Ekstensinya

Pasti Anda sering mencari informasi melalui internet dan menemui berbagai macam jenis website, namun tahukah mengenai cara kerja domain? Domain dapat dipahami sebagai nama yang ditujukan untuk mengenali server komputer.

Semua server komputer pasti ada IP (Internet Protokol) address. IP tersebut berupa kumpulan sejumlah angka. Tentu hal ini akan menyulitkan orang lain ketika ingin mengaksesnya. Sebab harus menghapalkan kombinasi angka.

Oleh sebab itu, diciptakan yang namanya domain. Tujuannya supaya orang lain dapat mengakses suatu website dengan lebih mudah sebab tidak perlu menghapal angka-angka sulit.

Memahami Cara Kerja Domain Secara Lengkap

Domain dapat diartikan sebagai nama unik yang mewakili suatu alamat website. Nama ini mengantarkan pengguna internet menuju website yang dituju. Anda bisa memahaminya sebagai bentuk sederhana dari sebuah alamat IP yang umumnya berupa kombinasi angka.

Domain terbagi ke dalam dua bagian, yakni nama dan ekstensi. Misalnya saja indonesia.go.id. indonesia merupakan nama, sementara .go.id ialah ekstensi. Ekstensi sendiri ada banyak sekali, Anda pasti pernah menemui ekstensi berupa .com, .co.id, dan lain sebagainya.

Mari memahami cara kerja domain. Ketika Anda mengisi nama domain ke dalam search engine, maka browser akan mengirimkan sebuah permintaan kepada jaringan server global yang membentuk sistem nama domain yakni Domain Name System.

Lantas, komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut akan mencari lokasi website yang Anda kehendaki. Server di dalam DNS mempunyai nama berbeda berdasarkan perusahaan yang mengurusnya.

Baca Juga :  Ini Dia Aplikasi Penghasil Saldo DANA Yang Lagi Viral

Oleh karena itu, server dalam DNS juga dinamakan dengan nameserver. Apabila browser telah sukses mendapatkan lokasi website yang Anda kehendaki, server akan mengirimkan data untuk ditayangkan pada layar.

Cara kerja domainini menyederhanakan proses dalam mengakses suatu website. Tanpa nama ini, Anda harus menghapalkan alamat IP dari suatu komputer. Bayangkan saja jika pada satu waktu harus mengakses banyak website.

Lantas berapa lama waktu yang diperlukan untuk menghapalkan alamat IP. Belum lagi jika salah memasukkan alamat IP ke dalam search engine. Sudah pasti tidak akan menampilkan data yang diinginkan.

Sementara bila memanfaatkan cara kerja domain, proses menjadi lebih mudah. cukup mengetikkan nama yang mudah sekali diingat dan diketik. Kemungkinan adanya kesalahan dalam mengetik juga sangat minim.

Memahami Fungsi Domain dalam Dunia Internet

Setelah memahami cara kerjanya, mari mengenal fungsi yang dimilikinya. Sebelumnya perlu Anda ketahui dahulu bahwa internet ialah jaringan komputer yang saling terkait satu sama lain menggunakan jaringan kabel global.

Seluruh komputer yang ada di dalam jaringan internet bisa saling terkait dan berkomunikasi dengan komputer lainnya. Untuk bisa melakukan komunikasi ini, maka perlu mengidentifikasi komputer lain terlebih dahulu.

Tadi telah disinggung bahwa untuk dapat mengidentifikasi suatu komputer ini, maka setiap komputer mempunyai alamat IP. Alamat IP setiap komputer pasti berupa kombinasi angka tertentu dan dipisahkan dengan sejumlah tanda titik.

Jika Anda bertanya-tanya, apakah mungkin alamat IP berbentuk huruf atau kalimat, jawabannya adalah tidak. Alamat IP setiap komputer sudah pasti berupa kombinasi angka.

Alamat IP ini sudah pasti sangat sukar dihapalkan. Bayangkan pula harus menghapalkan banyak sekali alamat IP. Pada tahap ini, cara kerja domainberfungsi. Daripada menghapalkan sejumlah angka dari alamat IP, cukup menghapal nama domain saja.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sendiri dengan Wordpress dan Builder

Lantas, bisa memasukkan nama domain dengan mudah dalam kolom pencarian Google. Nanti, permintaan Anda untuk mengakses sebuah situs akan terkirim ke Domain Name System (DNS).

Selanjutnya, nama domain akan ditransfer menjadi alamat IP. Alamat IP tersebut merupakan alamat server yang menghosting situs web terkait. Cara kerja domain terakhir, server akan menyambungkan Anda kepada situs web yang dikehendaki.

Lantas bagaimana cara memperoleh domain ini? Caranya sama sekali tidak sulit, pertama, tentukan dahulu nama yang dikehendaki. Lantas, cek apakah nama tersebut sudah dipakai orang lain atau belum.

Lantas, tentukan ekstensi yang dikehendaki. Baru Anda bisa menghubungi provider penyedia domain. Ada banyak sekali provider di Indonesia, jadi tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menemukannya.

Tips Menentukan Ekstensi Domain untuk Website

Setelah mengetahui cara kerja domaindan fungsinya, sepertinya perlu untuk mengetahui tips menentukan ekstensi untuk website. Sebelumnya tekah disinggung bahwa ada banyak sekali ekstensi.

  1. .com

Mari mengawali dengan tipe ekstensi .com. sepertinya ekstensi ini sudah banyak Anda temui di internet. Ekstensi ini dapat Anda pakai untuk keperluan komersial misalnya saja bisnis online. Orang-orang juga akan mudah untuk menghapalkannya.

  1. .org

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali organisasi yang memanfaatkan cara kerja domain? Jika Anda juga memiliki organisasi, maka pakai .org sebagai ekstensi. Orang lain juga akan langsung paham bila website Anda merupakan milik organisasi.

  1. .edu

Saat ini ada banyak sekali pihak yang menaruh fokus pada dunia pendidikan. Apabila Anda juga tertarik, bisa memakai ekstensi .edu. Ekstensi ini akan menunjukkan bahwa website Anda berfokus pada pendidikan.

  1. .ac.id

Berbicara tentang perguruan tinggi, ada sejumlah pihak yang mulai mendirikannya. Di Indonesia tidak hanya ada perguruan tinggi negeri namun juga swasta. Apabila Anda memerlukan website untuk perguruan tinggi, maka pakai ekstensi .ac.id.

  1. .sch.id

Tidak hanya mendirikan perguruan tinggi, sekarang juga ada banyak pihak yang membuat lembaga pendidikan berupa sekolah. Entah itu sekolah tingkat dasar atau menengah. Apabila memerlukan website maka lebih baik memakai ekstensi .sch.id.

  1. .net.id

Berikutnya apabila memerlukan website untuk keperluan jasa telekomunikasi, disarankan untuk memakai ekstensi .net.id. Untuk bagian id menunjukkan bahwa situs dipakai di Indonesia.

  1. .press

Apabila berkaitan dengan berita, surat kabar, media massa, jurnalistik, maka gunakan ekstensi press. Mungkin ekstensi press belum cukup dikenal oleh banyak orang, akan tetapi ekstensi ini sangat mencerminkan media massa.

Baca Juga :  Pengertian, Jenis dan Cara Memilih Nama Domain dengan Tepat

ketika membuat suatu website, diperlukan dua komponen, yakni domain dan hosting. Cara kerja domainialah sebagai alamat yang mengantarkan pengguna internet kepada website.