Pengertian, Jenis dan Cara Memilih Nama Domain dengan Tepat

Cara memilih nama domainsebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Pada dasarnya, nama domain merupakan nama yang dipergunakan untuk melakukan identifikasi website di internet. Domain yang bagus merupakan nama yang menarik serta unik.

Selain itu domain yang bagus juga harus mudah diingat banyak orang. Dengan memiliki nama domain yang bagus, hal ini bisa menjadi keunggulan website yang Anda miliki bahkan bisa mempermudah Anda untuk memperoleh akses website yang lebih banyak dari pengguna.

Sayangnya, masih banyak orang yang bingung mengenai domain ini bahkan bingung menentukan nama domain yang berkualitas untuk website yang dimiliki. Padahal menentukan nama domain menjadi hal yang penting sebelum membuat web.

Pengertian Domain yang Harus Diketahui

Sebelum mencari tahu cara memilih nama domainyang menarik dan unik, Anda tentu harus mengenal domain terlebih dahulu. Domain sesungguhnya merupakan alamat dari web yang bisa diakses oleh client.

Domain ini dapat diakses dari mesin pencarian. Sebelum membuat website, Anda harus menyiapkan nama domain ini terlebih dahulu. Untuk alamat domain sendiri, alamat domain merupakan alamat yang nantinya digunakan untuk mengirim pesan ke IP server hosting.

Sehingga, nantinya ketika Anda menuliskan sebuah alamat pada website di mesin pencari, sebetulnya Anda sedang mengakses IP server yang nantinya akan dituju.

Baca Juga :  Cara Membeli Domain Dengan Mudah, Ini langkah untuk Pemula!

Nama domain tentu saja harus unik serta tidak boleh ada nama yang sama antara satu website dengan website yang lainnya. Oleh sebab itu sebelum membeli nama, Anda bisa mengecek ketersediaannya terlebih dahulu.

Sayangnya masih banyak yang menganggap jika hosting sama dengan domain. Padahal, hosting adalah media penyimpanan file yang berada di dalam web contohnya seperti video, gambar, audio dan lainnya.

Nantinya, file-file ini akan disimpan di dalam tempat dengan nama server hosting. Server hosting ini adalah tempat untuk menyimpan data sehingga server akan menampilkan data pada web client. Jadi sudah jelas bukan jika domain serta hosting adalah hal yang berbeda.

Berbagai Macam Jenis Domain dan Ekstensinya

Domain sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Biasanya, cara memilih nama domainyang menarik adalah memilih domain dengan ekstensi “.com”. sebenarnya sekarang sudah banyak domain yang dapat digunakan.

Agar lebih mudah dalam melakukan pemilihan, berikut berbagai macam jenis domain beserta ekstensi yang dimilikinya:

  1. TLD atau Top Level Domain

TLD adalah tipe domain paling tinggi di dalam struktur DNS internet. Contoh dari TLD ini seperti .web, .com, .id dan lainnya. Ada beberapa jenis domain yang masuk ke dalam golongan TLD, seperti:

  • CCTLD

CCTLD memiliki kepanjangan Country Code Top Level Domains.CCTLD merupakan domain yang berdasarkan pada penamaan geografis di sebuah negara. Contohnya saja untuk Indonesia seperti .id. sedangkan di Australia ialah .au.

Domain CCTLD ini bisa didaftarkan oleh siapa saja meskipun ia bukan menjadi warga negara yang bersangkutan.

  • GTLD

GTLD memiliki kepanjangan Generic Top Level Domain.GTLD adalah domain yang bisa digunakan oleh siapa saja. GTLD sangat cocok digunakan bagi Anda yang memerlukan domain ekstensi yang popular.

Baca Juga :  Menyimak Cara Kerja Domain dan Tips Menentukan Ekstensinya

Mungkin, Anda sendiri pernah mendengar jika salah satu cara memilih nama domainialah menggunakan ekstensi yang popular seperti .com.

  • PTLD

PTLD atau Premium Top Level Domain.PTLD sendiri merupakan domain dengan penamaan yang bisa di custom.

  1. Second Level Domain

Jenis domain ini merupakan nama yang Anda daftarkan contohnya www.uke.id, kata uke ini merupakan second level domain.

  1. Third level domain

Jenis ini terkenal dengan sebutan sub domain. Sub domain diperguakan untuk kebutuhan tertentu seperti membuat sub informasi, terlepas dari domain utama namun masih berkaitan.

Cara Memilih Nama Domain Unik

Untuk memilih nama domain yang unik ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:

  1. Buat domain yang mengandung nama brand

Nama domain nantinya akan menjadi identitas website yang Anda miliki di dunia mata. Oleh sebab itu nama domain harus mengandung brand atau merek bisnis yang Anda miliki.

Dengan memilih nama domain sesuai dengan brand bisnis, nantinya pengunjung akan lebih percaya dengan produk serta informasi yang berada di dalam web Anda.

  1. Pilih nama sesuai dengan niche web

Niche web adalah topik yang dimiliki oleh website yang Anda buat. Cara memilih nama domainyang satu ini tentu saja tidak boleh disepelekan karena nantinya saat user membuka web, user akan menemukan informasi yang sesuai dengan nama domain.

Hal tersebut bisa membuat user menjadi semakin yakin serta percaya dengan bisnis yang Anda miliki. Bukan hanya itu, nama domain yang erat kaitannya dengan niche bisnis akan membuat web terlihat profesional.

  1. Nama domain yang mengandung keyword

Nama domain yang memiliki kandungan kata kunci dapat menjadi alternatif sehingga domain yang Anda miliki menjadi semakin menarik dan unik.

Baca Juga :  Ingin Membeli Nama Domain? Hal Ini Wajib Anda Perhatikan

Tidak hanya sampai di sini saja, nama yang mengandung kata kunci bisa memudahkan Anda untuk melakukan optimalisasi SEO sehingga bisa memperoleh rangking bagus.

  1. Jangan menggunakan angka

Nama domain bukan hanya harus unik, namun juga harus terkesan natural. Hindari nama domain yang menggunakan angka dan symbol. Nama domain yang menggunakan angka dan symbol membuatnya terlihat kurang natural.

  1. Pilih ekstension yang paling tepat

Ekstension merupakan akhiran yang berada di nama domain seperti .id atau .com. sekarang banyak jenis domain dan ekstension yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Begitu pentingnya nama domain ini membuat kita tidak boleh sembarangan untuk memilihnya, dengan cara memilih nama domaindi atas, Anda bisa memilih nama paling tepat untuk website yang akan Anda buat.