Cara Mudah Cek Traffic Website Anda

Memiliki website sendiri memang susah-susah gampang untuk mengelolanya apalagi dalam cek traffic website. Karena biasanya kebanyakan blogger atau pemiliki situs web menargetkan tujuan sama untuk situsnya sendiri yaitu meningkatkan traffic.

Traffic website sendiri dapat disebut juga banyaknya pengunjung atau visitors yang mengunjungi situs Anda. Membuat lalu lintas meningkat dan stabil tentunya akan bermanfaat membuat situsnya berada di halaman pertama.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya, sebelum memilih cara tepat Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara mudah cek traffic website Anda sendiri. Setelah mengeceknya Anda akan memutuskan akan menggunakan strategi apa yang paling bagus untuk meningkatkannya.

Pengertian Traffic Website Harus Diketahui Oleh Anda

Untuk bisa meningkatkannya, pertama-tama harus pahami terlebih dahulu mengenai definis traffic website sebenarnya. Definisi dari traffic adalah jumlah pengguna yang mengunjungi situs, halaman mana saja dilihat dan menghabiskan berapa lama saat mengunjungi situsnya.

Semua kegiatan dilakukan oleh users pada situs Anda akan terekam secara otomatis pada domainnya dan bisa langsung di cek traffic website. Dari mulai berapa lama durasi per pengunjung menghabiskan membaca atau melihat-lihat situsnya.

Sampai pengunjung mengklik dan follow apa saja, semua data akan terekam dan tersimpan pada domain tersebut. Untuk melihatnya juga Anda bisa lakukan kapan saja karena penghitungannya dilakukan secara real time.

Selalu cek traffic website dan berusaha meningkatkannya sangat penting untuk membuat situsnya berkembang dengan baik sampai bisa stabil terus berada di halaman pertama mesin pencarian.

Terutama bagi Anda yang memanfaatkan website sebagai media pemasaran atau e-commerce untuk menjualan produk-produk jualan. Memiliki isi website bagus, tampilan menarik, dan fitur terupdate tidak cukup.

Semuanya akan tetap sama saja jika Anda memiliki jumlah lalu lintas pengunjung yang sangat rendah. Untuk bisa membuat situs tetap hidup dan memiliki nafas adalah membuat traffic flow terus stabil.

Tools Penting untuk Cek Traffic Website dengan Mudah

Banyak pemilik situs mengetahui apa itu traffic tetapi tidak tahu cara meningkatkannya. Sebelum meningkatkannya, Anda juga harus mengetahui tutorial cek traffic website tanpa ribet dengan daftar tools ini.

  1. Alexa

Pertama, tools cek traffic website Alexa merupakan alat paling praktis sangat cocok untuk yang gak mau ribet. Alexa dikeluarkan langsung oleh Amazon, salah satu e-commerce terbesar di seluruh Dunia.

Kelebihan dari alexa adalah memiliki metrik terbaik bahkan sudah diakui oleh banyak pemilik websites. Menggunakan Alexa juga Anda bisa mengecek semuanya dari mulai keyword, link, serta lalu lintas dari kompetitor.

  1. Siteprice

Selanjutnya tools untuk cek traffic website bisa digunakan untuk merima informasi tentang ranking dan lalu lintas situsnya adalah Siteprice. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengecek harga dari sebuah website lainnya.

  1. Ubbersuggest

Selanjutnya, ubbersuggest yang bisa diakses langsung melalui mesin pencarian google. Satu-satunya tools menyediakan layanan untuk menganalisis lalu lintas murni di laman Anda. Selain itu kelebihan lainnya adalah memeriksa dan menganalisis SEO secara lengkap.

Ubbersuggerst banyak direkomendasikan karena memiliki user interface yang sangat mudah dimengerti. Memiliki karakteristik tersebut membuat Ubbersuggest lebih user friendly dan cocok dipakai pemula tanpa harus kebingungan.

Tutorial Mudah Meningkatkan Pengunjung Situs Web

Bukan hal yang mudah tetapi tidak sulit juga untuk bisa membuat pengunjung situs meningkat. Hal harus dilakukan oleh pemilik situs tidak boleh menyerah, teruslah mencoba melakukan beberapa cara meningkatkannya ini sesudah Anda mengetahui tutorial cek traffic website.

  1. Melakukan riset keyword

Keyword merupakan kata kunci yang biasanya dicari oleh banyak orang, melakukan riset keyword adalah salah satu cara bisa Anda lakukan. Untuk melakukan riset terdapat dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, menggunakan tools seperti Ahrefs tetapi berbayar atau ubbersugest bisa dimanfaatkan secara gratis dengan atas tiga kali pencarian keyword setiap harinya. Selain cara itu Anda bisa menggunakan google suggest.

Google suggest merupakan rekomendasi pencarian yang biasanya muncul saat Anda mengetikan huruf atau kata di kolom pencarian. Meriset dan menyusun keyword harus dilakukan dengan baik karena bisa jadi ini adalah pondasi dari website Anda dan akan mempengaruhi cek traffic website juga.

  1. Membagikan konten ke social media

Share konten ke social media juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Sosial media bisa dimanfaatkan adalah facebook, twitter, instagram dan yang lainnya.

Anda bisa memanfaatkan celah orang yang mengabiskan banyak waktu untuk bermain sosmed ini agar mendapatkan visitors yang banyak. Dapat Anda cek traffic website sendiri cara ini cukup efektif untuk meningkatkan lalu lintas situsnya.

  1. Optimalisasi SEO

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO (Search Engenie Optimization). Terdapat dia teknik bisa diterapkan yaitu offpage dan onpage. Untuk SEO Onpage pengoptimalan dilakukan langsung pada websitenya seperti internal link, sisipan heading, dan lainnya.

Sedangkan untuk SEO offpage dilakukan dengan teknik yang berbeda dan justru tidak berkaitan langsung dengan konten pada situs webnya. Sebenarnya ada beberapa teknik SEO Offpage bisa digunakan tetapi yang paling sering dan populer adalah backlink.

Backlink merupakan situasi saat banyak website mencantumkan tautan menuju website Anda pada kontennya sendiri. Hal semacam ini akan membuat mesin pencarian beranggapan situs Anda memiliki kredibilitas yang bagus sehingga akan menempatkannya di halaman pertama google/yahoo/dan lainnya.

Masih banyak cara lainnya bisa Anda ikuti jika ketiga langkah sebelumnya tidak juga berhasil meningkatkan lalu lintas situsnya. Lakukanlah cek traffic website untuk selalu mengecek konten seperti apa yang banyak dibuka oleh pengunjung sehingga Anda bisa fokus pada satu hal dan mendatangkan lebih banyak pengunjung.