Mengenal Shared Hosting yang Cocok untuk Pemula

Apabila ingin membangun sebuah website, Anda perlu mengenal shared hosting. Sebelumnya, saat Anda hendak mengunjungi sebuah website di internet, pasti memasukkan nama domain dalam kolom pencarian Google.

Lantas, sesudah terhubung ke server, Google akan menampilkan halaman yang Anda cari dan informasi diperlukan. Supaya sebuah website bisa diakses secara mudah dan cepat, maka wajib memakai hosting.

Saat memakai hosting, maka Anda tengah menyewa space dalam sebuah cloud server untuk menampung file dan data yang diperlukan oleh website. Tujuannya supaya bisa melayani permintaan pengunjung.

Mengenal Shared Hosting yang Cocok untuk Pemula

Apakah Anda bertanya-tanya mengapa perlu memakai hosting? Ketika memakai layanan tersebut, maka akses menuju website akan cepat sehingga tingkat engagement akan tinggi. Jadi, pengunjung akan nyaman untuk mengaksesnya.

Hosting bisa dimaknai sebagai layanan yang menampung sejumlah data, file dan gambar pada suatu website. Sehingga nantinya dapat diakses internet. Salah satu dari layanan ini ialah berjenis shared.

Mari mengenal shared hostingyang merupakan layanan paling dasar dalam pembuatan website. Layanan ini meletakkan akun hosting bersama dengan sejumlah akun lain dalam satu cloud server.

Sehingga, satu cloud server akan menampung beberapa akun hosting. Akun tersebut saling berbagai resource storage, RAM dan prosesor yang sama. Sebab sifatnya berbagi, maka akun di dalamnya juga saling mempengaruhi.

Hal ini sangat berbeda dengan layanan lain yang berbentuk dedicated hosting. Layanan tersebut hanya memuat satu akun dalam sebuah cloud server. Sehingga lebih leluasa dan tidak akan terjadi kendala meski traffic tinggi.

Setelah mengenal shared hosting, Anda juga wajib menentukan lokasi cloud server. Apabila kebanyakan pengunjung website adalah masyarakat Indonesia, maka akan lebih baik memakai cloud server yang tempatnya di Indonesia.

Sedangkan apabila pengunjung kebanyakan dari luar negeri, maka lebih baik untuk memakai cloud server yang lokasinya di luar negeri. Lokasi ini berpengaruh terhadap tingkat kecepatan akses. Apabila lambat, maka bisa mengganggu kinerja.  

Dengan mengenal shared hosting, baik lokasi cloud server di Indonesia maupun luar negeri, Anda bisa mengelola website. Jika masih pemula dan belum mempunyai banyak pengunjung, sangat disarankan untuk mencoba layanan ini.

Sebab, harganya tergolong murah dan mudah untuk dipakai. Bahkan, pemula juga bisa mengelolanya tanpa membutuhkan bantuan ahli. Berbeda dengan dedicated yang memerlukan konfigurasi menggunakan skill khusus.

Deretan Kelebihan dari Shared Hosting

Untuk lebih mengenal shared hosting, maka perlu mengetahui sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan ketika ingin memakai layanan tersebut.

  1. Harga Murah

Kelebihan pertama terletak pada harganya. Sebab harga murah ini banyak pengguna baru website yang memakainya. Apabila Anda juga masih pemula dan tidak mempunyai banyak dana, maka gunakan saja layanan jenis ini.

Sebelumnya Anda sudah mengenal shared hostingyang mempunyai satu server dengan banyak akun. Layanan ini dikelola oleh penyedia layanan sehingga Anda tidak perlu memikirkan biaya pemeliharaan server.

Biaya pemeliharaan ini juga meliputi kemungkinan masalah atau kerusakan. Misalnya saja ada aksi peretasan atau masalah jaringan. Anda cukup menyerahkan masalah tersebut kepada penyedia layanan.

Kemudian, harga murah ini juga termasuk dalam biaya perawatan dan admin sistem. Anda tidak perlu memikirkan dana khusus. Sebab, perawatan dan admin sistem menjadi tanggung jawab penyedia server.

Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh penyedia hosting ini memberikan keuntungan lebih bagi pengguna baru website. Pihak penyedia juga memperoleh keuntungan dari setiap pengguna.

  1. Mudah digunakan

Keunggulan berikutnya ialah mudah digunakan. Bahkan, meskipun Anda belum memiliki kemampuan desain maupun pengembangan website, bisa mengelola pengaturan di dalam shared hosting.

Umumnya, pihak penyedia juga menawarkan opsi pemasangan website builder, misalnya WordPress. Hal ini mampu mendukung kecepatan dan kemudahan dalam pembuatan website.

Setiap website akan memperoleh akun panel kontrol masing-masing. Jadi, Anda dapat mengatur konten dan tampilan dasar yang dibutuhkan. Keunggulan ini sudah pasti sangat menguntungkan bagi pengguna.

Mengenal Shared Hosting dari Segi Kelemahannya

Memang, shared hosting mempunyai banyak keunggulan. Terutama memudahkan para pengguna baru yang mempunyai dana minim. Namun, layanan ini juga menyimpan sejumlah kelemahan.

  1. Kemungkinan Gangguan

Mari mengenal shared hostingdari segi kekurangannya yang pertama ialah kemungkinan gangguan. Gangguan ini dapat diakibatkan oleh kesalahan dari pengguna lainnya yang ikut berbagai server.

Misalnya saja terdapat keadaan overload di sebuah website. Kemudian misalnya lagi ada pengguna yang membuat spam dan menyebabkan server diblokir. Hal ini akan berdampak pada website pengguna lainnya.

  1. Akses Server Terbatas

Kelemahan lainnya ialah keterbatasan dalam mengakses server. Jadi, setiap pengguna wajib untuk mengikuti aturan dan batasan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia server. Sehingga setiap pengguna akan merasa nyaman untuk berbagi hosting.

Anda bisa mengenal shared hostingterkait aturan dari pihak penyedia. Pastikan membaca sejumlah aturan yang sudah ditentukan sehingga tidak mengganggu ketenangan pengguna lain.

Terkadang, pihak penyedia akan memberikan sejumlah larangan tertentu untuk menjaga kenyamanan bersama. Misalnya saja melarang pemasangan jenis plugin tertentu. Jika salah satu pengguna melakukan pelanggaran, maka pihak penyedia bisa memberikan konsekuensi.

Misalnya saja jika terdapat website yang menaikkan sumber daya untuk mendapatkan lalu lintas dalam jumlah besar. Kemudian menyebabkan gangguan pada pengguna lain. Maka, pihak penyedia dapat menghentikan akun pengguna terkait.

Kemudian, misalnya lagi melakukan pelanggaran jenis lain. Misalnya sebuah website membuat malware atau menciptakan komentar spam secara berlebihan. Maka, pihak penyedia bisa saja menghentikan atau mengunci akun terkait.

Pengguna website tersebut harus melakukan komunikasi dengan pihak penyedia hosting untuk menyelesaikan masalah. Sehingga nantinya website bisa ditampilkan lagi dalam dunia online.

Ada banyak sekali komponen yang diperlukan dalam pembuatan sebuah website, terutama untuk keperluan bisnis online. Juga perlu mengenal shared hostingyang mana sangat cocok untuk dipakai oleh pemula.