Memahami Apa Itu Hosting Serta Fungsi dan Jenisnya

Jika Anda hendak membangun website sendiri, maka perlu memahami apa itu hosting.Sebab hosting merupakan salah satu elemen penting dan wajib ada dalam setiap pembuatan website.

Anda mungkin sudah sering mendengar kata hosting. Namun apakah Anda sudah benar-benar memahami pengertian, fungsi dan juga ragam jenis hosting? Jika belum, maka Anda bisa memahami tentang hosting di sini.

Sebab melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar hosting secara lengkap. Sehingga simak baik-baik penjelasan kami berikut ini jika Anda ingin memahami hosting dengan detail.

Apa Itu Hosting Serta Pengertiannya

Ada beberapa hal penting yang harus Anda penuhi untuk bisa membangun sebuah website. Selain web itu sendiri, Anda juga memerlukan domain serta hosting agar website dapat online.

Hosting pada dasarnya adalah sebuah layanan online yang berguna untuk mengelola data dari web Anda. Sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat mengakses web Anda dalam waktu 24 jam.

Oleh karena itu ketika layanan hosting memiliki gangguan pasti akan mempengaruhi website. Hal inilah yang membuat Anda perlu selektif memilih layanan hosting agar mendapatkan pelayanan optimal.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa layanan hosting yang bisa Anda pilih. Tentunya setiap layanan tersebut menjanjikan keunggulan tersendiri meski di satu sisi juga memiliki beberapa kekurangannya masing-masing.

Anda dapat menganalogikan apa itu hosting dengan sepetak tanah untuk melakukan pembangunan. Untuk membuat suatu bangunan, tentu Anda memerlukan tanah sebagai tempat mendirikan bangunan tersebut, bukan?

Baca Juga :  Tips Menentukan Control Panel Web Hosting dan Rekomendasinya

Hal yang sama juga berlaku untuk pembangunan website. Untuk bisa membangun website, Anda membutuhkan suatu tempat untuk menaruh file-file website sehingga bisa diakses melalui internet.

Layanan hosting hadir dengan memberikan tempat tersebut kepada Anda. Biasanya layanan hosting menggunakan sistem langganan dengan satuan bulanan atau tahunan. Anda bisa menganalogikan hal ini dengan melakukan sewa tanah.

Sehingga untuk menggunakan layanan hosting, Anda harus membayar sesuai dengan pilihan harga yang tersedia. Tentunya setiap layanan hosting memiliki pilihan paket harga tersendiri yang berbeda satu dengan lainnya.

Harga sebuah layanan hosting juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kapasitas server yang Anda butuhkan. Kapasitas ini sangat penting agar website Anda tidak mengalami down.

Fungsi & Manfaat Hostinguntuk Sebuah Website

Selain memahami pengertian apa itu hosting, tentu Anda juga perlu mengetahui fungsi dan manfaat dari hosting. Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang diberikan oleh hosting.

  1. Tempat Menyimpan File Website

Fungsi utama dari hosting adalah untuk menyimpan berbagai file dan data sebuah website. Sehingga data tersebut dapat dikelola sehingga mampu menampilkan tampilan website yang Anda inginkan.

Sama seperti membangun rumah, semakin besar website yang hendak dibangun maka tempatnya juga perlu semakin besar. Sehingga pastikan Anda memilih kapasitas pada hosting sesuai kebutuhan.

  1. Menentukan Performa Website

Selain sebagai tempat untuk menyimpan dan mengelola file website, hosting juga memiliki pengaruh terhadap performa website. Semakin baik layanan hosting yang Anda gunakan akan membuat website juga memiliki performa tinggi.

Telah kami singgung pada penjelasan mengenai apa itu hostingdi atas bahwa gangguan pada hosting akan berpengaruh terhadap website. Gangguan ini bahkan bisa membuat website Anda menjadi tidak diakses.

Baca Juga :  Tips Menurunkan Bounce Rate Website, Bisa Dilakukan Sendiri!

Karena itulah Anda perlu memilih hosting secara cermat agar gangguan seperti ini tidak terjadi. Beberapa hal yang perlu Anda perhatian seperti jenis data center, teknologi hosting dan beberapa hal lainnya.

  1. Melindungi Website

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh para pemilik website adalah peretasan. Agar website Anda tidak mudah diretas, maka Anda perlu memilih hosting dengan kualitas terbaik.

Beberapa layanan hosting telah memiliki fitur-fitur keamanan di dalam paket layanan mereka. Sehingga dengan adanya fitur layanan tersebut akan membuat website Anda lebih sulit diretas.

Memahami Beberapa Pilihan Jenis Hosting

Anda telah memahami apa itu hostingyaitu sebuah layanan untuk menyimpan dan mengelola file website. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa layanan hosting ada beberapa jenis.

Setiap jenis tersebut tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Silahkan pahami penjelasan dari kami berikut ini untuk mengetahui beberapa pilihan jenis hosting serta kelebihan yang dimilikinya masing-masing.

  1. Shared Hosting

Jenis hosting yang pertama untuk Anda ketahui adalah shared hosting. Jenis hosting yang satu ini adalah ketika penggunaan server digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus.

Sehingga Anda akan berbagi fasilitas hosting dengan para pengguna lainnya. Hal ini akan membuat website Anda menjadi kurang optimal ketika ada salah satu pengguna yang menggunakan sumber daya secara berlebihan.

  1. VPS

Jenis hosting selanjutnya adalah virtual private server atau VPS. Sumber daya pada jenis hosting ini akan Anda dapatkan secara pribadi sehingga tidak perlu khawatir terhadap masalah seperti kasus shared hosting.

Namun seperti pada penjelasan apa itu hosting, Anda perlu membayar lebih mahal jika ingin mendapat fasilitas lebih. Sehingga wajar jika hosting jenis VPS lebih mahal dibanding shared hosting.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting sebenarnya mirip dengan VPS sebab Anda akan mendapatkan sumber daya sendiri. Hanya saja, jenis hosting ini tidak memerlukan kemampuan teknis dalam mengelola server.

Baca Juga :  Tutorial Website Sederhana, Ini Langkah Mudah Untuk Membuatnya

Hal ini berbeda dengan VPS yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan dalam mengelola server. Selain itu, pembeda lain cloud hosting dari VPS adalah harganya yang biasanya lebih mahal.

Sebenarnya masih terdapat beberapa jenis hosting lainnya seperti dedicated hosting, WordPress hosting dan lain-lain. Namun secara umum jenis hosting terbagi berdasarkan pembagian server dan sumber daya.

Perlu dipahami kembali bahwa hosting merupakan hal yang wajib ada untuk membangun sebuah website. Sehingga pastikan Anda benar-benar memahami informasi tentang apa itu hostingyang telah kami sampaikan di atas.