Ingin Membeli Nama Domain? Hal Ini Wajib Anda Perhatikan

Mungkin, bagi sejumlah orang membeli nama domainialah perkara mudah. Namun sebenarnya, ada banyak banyak hal perlu dipertimbangkan. Terutama apabila website bukan ditujukan demi keperluan pribadi.

Tujuan utama pemilihan domain tepat adalah supaya pengunjung dapat menemukan website secara mudah dan cepat. Apabila sembarangan menentukan namanya, maka akan sulit bagi website Anda untuk dikenal oleh pengunjung.

Apalagi jika Anda masih pemula dalam hal ini. Pastikan langkah yang ditempuh telah dipikirkan dengan matang. Sebab, membeli nama domain juga membutuhkan sejumlah dana.

Membeli Nama Domain Kategori Mudah

Sebuah domain mempunyai peran begitu penting bagi website Anda. Oleh sebab itu, wajib sekali untuk mempertimbangkan namanya dengan baik. Berikut ini sejumlah tips yang perlu diterapkan berkaitan dengan nama.

  1. Mudah diingat

Tips pertama dalam membeli nama domainadalah menentukan yang nantinya akan paling mudah diingat oleh pengunjung. Seorang pengunjung belum tentu mengunjunginya hanya satu kali, bisa saja mengunjungi satu kali untuk membaca informasi saja.

Lantas, memutuskan mengaksesnya untuk membeli produk di kemudian hari setelah mempunyai dana. Sebagian orang umumnya memang seperti itu. Sekarang coba bayangkan bila Anda mempunyai website bisnis dengan domain begitu rumit.

Mungkin saja pengunjung akan lupa sebab sulitnya untuk diingat. Akhirnya, pengunjung gagal menemukan website Anda dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk membaca informasi kembali atau batal membeli produk.

Baca Juga :  Panduan Merawat Server Hosting Agar Tidak Terkena Masalah

Nama mudah diingat biasanya mempunyai sedikit kata. Sehingga tidak perlu menghapalkan sejumlah kata. Lantas juga tidak berisi banyak karakter khusus misalnya angka atau tanda hubung tertentu.

  1. Mudah diketik

Tips membeli nama domaintidak hanya mudah diingat namun juga tidak sulit untuk diketik. Sehingga pengunjung tidak akan salah memasukkannya ke dalam search engine. Bayangkan jika salah mengetik dan website Anda tidak muncul.

Pasti pengunjung akan merasa kesal. Bahkan bisa saja justru masuk ke dalam website orang lain. Akan sangat merugikan Anda jika pengunjung akhirnya tertarik dengan website orang lain dan meninggalkan Anda.

Tips membeli nama domainini dapat diaplikasikan dengan menghindari bahasa gaul. Memang, banyak orang menerapkan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kata gaul akan mudah dilupakan dalam waktu beberapa tahun.

Menyesuaikan Nama Domain dengan Website dan Brand

Anda pasti tahu ada sejumlah domain di internet yang namanya tidak relevan dengan isi. Misalnya saja namanya berkaitan dengan produk herbal namun isinya merupakan informasi seputar teknologi.

Anda tidak boleh memilih domain sembarangan seperti itu. Sebab akan menyulitkan pengunjung yang ingin mengakses website. Berikut ini sejumlah tips berkaitan dengan hal tersebut.

  1. Menyesuaikan dengan Website

Tips pertama dalam membeli nama domainialah menyesuaikannya dengan tema website. Apakah temanya seputar kuliner, travelling, olahraga, informasi film atau yang lainnya. jangan sampai memilih yang tidak sesuai dengan tema.

  1. Menyesuaikan Brand

Sesuaikan dengan nama brand Anda. Hal ini akan sangat efektif apabila dimaksudkan untuk menjual suatu produk atau jasa. Sekaligus juga memperkuat brand awareness sebab pengunjung akan mengingatnya dengan mudah.

Tips ini sudah banyak diterapkan oleh sejumlah brand ternama. Lagi pula, Anda pasti akan menetapkan brand yang berbeda dengan pihak lain. Sehingga, peluang ketersediaan nama domain juga tinggi.

  1. Ekstensi Sesuai

Tips membeli nama domainberikutnya ialah memilih ekstensi sesuai atau relevan. Sudahkah Anda mengenal apa itu ekstensi? Ekstensi merupakan sekumpulan huruf yang terletak di belakang nama website Anda.

Baca Juga :  Manfaat Membeli Domain, Bisa untuk Investasi!

Setiap ekstensi mempunyai kecocokan tertentu terhadap sebuah website. Misalnya saja ekstensi .com cocok untuk keperluan komersial. Kemudian ekstensi .org cocok dipakai untuk keperluan organisasi, dan lain sebagainya.

Jangan memikirkan cantiknya kumpulan huruf ekstensi. Namun harus selaras dengan konsep atau tujuan dari website Anda apakah untuk keperluan komersial, pendidikan atau lainnya.

Mempertimbangkan Memilih Tempat Pembelian Terpercaya

Membeli nama domainjuga wajib dilakukan di tempat yang tepat. Ada begitu banyak provider yang menyediakan penjualan domain namun tidak semuanya menyajikan layanan berkualitas.

  1. Belum digunakan Pihak Lain

Sebelum melakukan pembelian, pastikan nama domain belum digunakan oleh pihak lain. Anda bisa bertanya pada provider apakah nama masih tersedia atau tidak. Lantas Anda bisa mengeceknya sendiri di internet.

Anda perlu waspada jika nama sudah dipakai oleh pihak lain namun provider masih menyediakannya. Nantinya, hanya Anda sendiri yang harus bertanggung jawab. Sebab, bisa saja pihak yang sudah memilikinya akan menggugat sebagai tindakan plagiarisme.

Padahal, Anda hanya bermaksud membeli nama yang diinginkan tanpa berniat melakukan tindakan pelanggaran hukum. Jadi, wajib berhati-hati ketika ingin melakukan pembelian di sebuah provider.

  1. Tempat Terpercaya

Tips membeli nama domainselanjutnya ialah memilih tempat yang memang sudah terpercaya. Jangan asal-asalan memilih provider yang menayangkan iklan murah di internet. Jika memilih pihak terpercaya, maka bisa mendapatkan domain resmi.

Umumnya, tempat jual domain juga menyediakan layanan pendaftaran nama. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan domain resmi terdaftar dan dapat langsung dipakai. Tidak akan khawatir sama dengan milik orang lain.

  1. Harga Promo

Untuk menghemat dana, Anda bisa memilih provider yang sedang menawarkan harga promo. Namun, jangan sampai memilih provider yang menyediakan harga tidak normal. Bisa saja justru penipuan.

Baca Juga :  Menyimak Cara Kerja Domain dan Tips Menentukan Ekstensinya

Biasanya provider akan menyediakan promo untuk memperingati momen khusus, misalnya saja ulang tahun, tahun baru, hari raya, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk memperoleh harga murah.

  1. Biaya Tambahan

Jangan lupa menanyakan pada provider apakah terdapat biaya tambahan. Misalnya biaya khusus untuk perlindungan data pribadi yang disebut Whois. Tanyakan apakah provider menyediakan layanan seperti perlindungan Whois secara gratis atau berbayar.

Banyak orang melakukan pembelian produk secara sembarang, termasuk domain. Padahal, bisa menimbulkan masalah serius di kemudian hari. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan tips membeli nama domain.