Tips Optimalisasi SEO Website dengan Mudah

Tips optimalisasi SEO websitebiasanya banyak dicari oleh website bisnis. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan jika SEO menjadi cara agar website bisa berada di rangking pada atas Google.

Bila Anda terjun hingga lebih dalam, siapa yang menyangka jika SEO atau Search Engine Optimizationbukan hanya berkaitan dengan rangking, namun SEO bisa meningkatkan kualitas serta kuantitas traffic yang dimiliki oleh website atau blog.

Ini berarti, pengunjung bukan hanya asal mampir ke website yang Anda miliki, namun juga ikut melancarkan Anda agar dapat meraih tujuan pembuatan website tersebut baik untuk peningkatan tranding maupun agar lebih mendongkrak transaksi.

Tips Optimalisasi SEO Website dengan Yoast SEO

Sebenarnya, ada berbagai macam plugin yang dapat membantu melakukan optimalisasi SEO dengan optimal, salah satunya dengan menggunakan Yoast SEO. Yoast SEO sendiri adalah plugin yang dipergunakan untuk optimalisasi di mana dibuat dari tahun 2010.

Sampai sekarang, Yoast SEO sudah digunakan hingga lebih dari 12 juta pengguna website. Untuk menggunakan Yoast SEO, Anda terlebih dulu harus melakukan instal plugin terlebih dulu.

Setelah melakukan instal plugin Yoast SEO, Anda bisa melakukan setting Yoast SEO. Berikut tips optimalisasi SEO websitedengan menggunakan Yoast SEO:

  1. Transfer data

Biasanya, untuk pemilik web yang menggunakan plugin lain, atau bukan Yoast SEO, Anda harus memastikan jika semua pengaturan SEO yang berada pada plugin tersebut sudah dipindahkan ke Yoast SEO sebelum mengaktifkan.

Baca Juga :  Mengenal Shared Hosting yang Cocok untuk Pemula

Untuk melakukan transfer settingan, Anda bisa menggunakan plugin lain. Namun jika website yang Anda miliki merupakan website baru, Anda dapat melewati langkah ini.

  1. Melakukan general setting Yoast SEO

Untuk mengatur Yoast SEO, Anda bisa masuk ke dalam pengaturan dan pilih SEO, kemudian pilih general. Nantinya ada 2 hal yang harus diatur seperti features. Anda bisa memilih tab tersebut kemudian mengaktifkan atau tidak beberapa fitur yang diperlukan.

Bila sudah melakukan pengaturan, klik tombol save change sehingga bisa menyimpan pengaturan tersebut.

Pengaturan lainnya adalah webmaster tools. Bila Anda sudah memahami mengenai SEO, tentu Anda sudah pernah mendengar beberapa search engine yang popular sehingga memungkinkan pemilik web menambahkannya ke web mereka.

Webmaster tools ini akan memungkinkan Anda melihat data serta insight yang berkaiatn dengan website Anda dari search engine. Untuk menambahkan fitur ini, Anda bisa menambahkan kode meta dari search engindi kolom yang sudah tersedia.

  1. Melakukan pengaturan Search Appearance

Untuk melakukan setting ini, ada beberapa hal yang harus di setting seperti general, content types, media, taxonomies, archives, breadcrumbs hingga RSS.

Tips Optimalisasi SEO Website dengan Memaksimalkan Image

Memaksimalkan image menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimalisasi SEO website. Dengan melihat canggihnya algoritma yang dimiliki Google sekarang ini, optimalisasi image SEO menjadi hal yang hrus dilakukan.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk optimalisasi SEO website, antara lain:

  1. Beri nama file yang sesuai dengan keyword

Saat mempersiapkan gambar yang akan dimasukkan ke dalam website, jangan lupa beri nama file gambar sesuai dengan tujuan serta keyword yang digunakan. Cara ini bisa membantu Google mengenali gambar yang Anda upload.

Baca Juga :  Cara Mudah Cek Traffic Website Anda

Selain itu pembaca juga dapat menemukan website yang Anda miliki dari gambar yang mereka temukan. Contohnya saja Anda bisa memberi nama “baju murah diskon”.

  1. Gunakan ALT text dengan lengkap

Alt text memiliki fungsi membantu Google melakukan identifikasi topik yang Anda bahas di dalam konten. Anda dapat menulis alt text yang menggambarkan gambar secara lengkap serta jelas.

  1. Kompress gambar

Mengompress gambar menjadi hal yang tida boleh Anda lupakan. Anda dapat mengompress gambar namun tanpa menurunkan kualitas gambar. Hal ini disebabkan karena ukuran gambar akan mempengaruhi loading time website.

Oleh sebab itu jika semakin kecil ukuran file gambar yang Anda gunakan, akan semakin cepat juga loading time website yang Anda miliki.

  1. Pilih gambar dengan format yang tepat

Tips optimalisasi SEO websiteyang lainnya melalui gambar adalah dengan memilih format yang tepat. Ada berbagai macam format yang tersedia. Biasanya, di internet format yang banyak digunakan adalah PNG, JPEG serta GIF.

Pada dasarnya setiap format mempergunakan metode kompres berbeda. Anda bisa memilih mana format yang terbaik pada setiap gambar yang digunakan. Selain itu pilih format yang mempunyai metode compress paling baik serta tidak mempengaruhi kualitas gambar.

Tips Optimalisasi SEO Website yang Lainnya

Selain beberapa langkah di atas, ada juga langkah lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan ketika ingin melakukan optimalisasi web, antara lain:

  1. Tepat dalam memilih domain

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi SEO website adalah masalah domain. Upaya optimalisasi SEO begitu terpengaruh dengan domain. Saat melakukan pemilihan kata-kata, domain menjadi hal yang paling diperhatikan.

Anda bisa menggunakan domain .net atau .com. Selain itu hindari menggunakan domain gratisan, karena bisa membuat pelanggan kurang percaya dengan website atau bisnis yang Anda miliki.

  1. Perhatikan keywords

Bukan hanya domain, hal lain yang mempengaruhi SEO aalah kata kunci atau keyword. Kata kunci yang dipergunakan harus menarik, selain itu Anda juga harus memastikan jika keywords yang digunakan adalah keywords yang paling popular.

Baca Juga :  Tips Menurunkan Bounce Rate Website, Bisa Dilakukan Sendiri!

Penempatan keywords ini biasanya berada di dalam judul konten, paragraph pertama pada artikel serta terakhir,

  1. Judul konten

Judul konten-konten yang Anda masukkan ke dalam website sangat mempengaruhi SEO. Hindari memasukkan judul konten yang berlebihan, selain itu masukkan judul konten sesuai dengan fakta.

Melakukan optimalisasi SEO memang tidak membutuhkan waktu yang sebentar, namun Anda harus siap mendedikasikan waktu secara penuh agar optimalisasi ini bisa berjalan dengan lancar. Dengan mengikuti tips optimalisasi SEO websitedi atas, peringkat website Anda akan mengalami perubahan.