Memahami Cara Upload Website ke Hosting Secara Mudah

Salah satu hal yang perlu dipahami ketika Anda membangun sebuah web adalah cara upload websiteke hosting. Sebab website apapun itu, pasti perlu melakukan hosting.

Jika website Anda tidak diupload ke hosting, maka web tersebut tidak akan online. Sehingga orang-orang tidak akan bisa mengakses web yang telah Anda buat tersebut.

Tidak perlu khawatir jika Anda belum tahu tentang cara untuk mengupload sebuah website ke hosting. Sebab dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang melakukan upload website ke hosting.

Persiapandalam Cara Upload Websiteke Hosting

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengupload sebuah website ke hosting. Tanpa melakukan beberapa persiapan ini, Anda tidak akan bisa melakukan upload website ke hosting.

Oleh karena itu jangan sampai Anda melewatkan atau melupakan tahap persiapan ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu untuk melakukan upload website ke hosting.

  1. Memilih Layanan Hosting

Sebelum Anda melakukan upload website ke dalam hosting, tentu Anda harus memilih layanan hosting terlebih dahulu. Saat ini ada banyak layanan hosting yang bisa Anda pilih dengan keunggulannya masing-masing.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih layanan hosting adalah kecepatan, keamanan dan juga pilihan sumber daya. Selain itu persoalan harga juga perlu menjadi pertimbangan Anda.

  1. Menyiapkan File Website

Cara upload websiteke hosting yang selanjutnya tentu saja adalah menyiapkan file website. File inilah yang nantinya akan Anda upload ke dalam hosting untuk membuat website menjadi online.

Baca Juga :  Beberapa Masalah Pada Website Hosting dan Cara Mengatasinya

Simpan seluruh file yang hendak diupload dalam sebuah folder bernama public_html. Pastikan seluruh file yang hendak diupload berada di document root atau hasilnya hanya akan berupa direktori saja.

  1. Menentukan Metode Upload File

Setidaknya terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk upload sebuah website ke hosting. Cara tersebut adalah dengan menggunakan file manager atau dengan FTP (File Transfer Protocol).

Tentunya langkah-langkah serta kebutuhan dari kedua cara di atas akan berbeda. Sehingga Anda perlu menentukan terlebih dahulu cara yang hendak digunakan sebelum memulai proses upload website.

Cara Upload Websiteke Hostingdengan File Manager

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa terdapat dua metode untuk upload sebuah website. Jika Anda memilih metode upload web ke hosting dengan menggunakan file manager, maka bisa membaca panduan berikut.

  1. Pergi ke halaman cPanel dengan mengetik http://domainAnda/cpanel
  2. Setelah itu login ke dalam cPanel sesuai username dan password yang diberikan oleh layanan hosting
  3. Pilihlah menu yang memiliki nama File Manager di kolom Files
  4. Setelah itu buka direktori tempat folder public_html berada
  5. Klik pada tombol upload di bagian atas
  6. Pilih select file atau drag and drop folder public_html ke tempat yang disediakan
  7. Tunggu hingga proses upload selesai
  8. Cara upload websiteselanjutnya adalah klik kanan pada file public_html yang berada di file manager
  9. Lalu klik pada tombol extract
  10. Klik Extract File(s) dan tunggu hingga prosesnya selesai
  11. Setelah itu Anda akan bisa melihat semua file website di folder publik_html
  12. Selesai, website Anda telah terupload ke hosting

Melakukan upload file website menggunakan metode ini sangatlah mudah. Hanya dalam beberapa menit saja, website Anda sudah bisa online dan bisa diakses oleh banyak orang.

Baca Juga :  Memahami Apa Itu Hosting Serta Fungsi dan Jenisnya

Namun ada sebuah kekurangan yang dimiliki oleh metode ini. Kekurangan tersebut adalah batasan ukuran file yang bisa diupload. Sebab file manager hanya bisa melakukan upload file berukuran kurang dari 256MB.

Sehingga jika file website memiliki ukuran lebih besar, Anda tidak bisa menggunakan cara ini. Namun tenang saja karena Anda masih memiliki satu cara lain yang bisa dilakukan untuk upload website.

Cara Upload Websiteke Hostingdengan FTP

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk upload web ke hosting adalah dengan FTP. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk bisa upload sebuah web menggunakan FTP.

  1. Pilih FTP yang hendak digunakan. Ada beberapa FTP yang biasa dipilih seperti Filezilla, CoreFTP, FTP client dan juga SmartFTP
  2. Install dan koneksikan FTP yang Anda pilih dengan hosting
  3. Isi bagian host dengan IP server hosting yang Anda pilih
  4. Isi bagian username dengan username dari cPanel milik Anda
  5. Isi bagian password dengan password dari cPanel Anda
  6. Isi bagan port dengan angka 21
  7. Setelah itu klik pada tombol QuickConnect
  8. Tunggu hingga Anda masuk ke dalam server
  9. Lalu ganti direktori ke public_html yang merupakan direktori tempat Anda menyimpan file website
  10. Tekan tombol ctrl+a lalu klik kanan dan tekan tombol upload
  11. Tunggu hingga proses upload berhasil dilakukan
  12. Anda bisa melihat keberhasilan upload pada inforasi Successful transfers
  13. Selesai

Cara upload websitedengan menggunakan FTP juga tidak begitu sulit. Sehingga sekarang Anda sudah tidak perlu lagi bingung jika file website memiliki besaran lebih dari 256MB.

Meski ada beberapa FTP yang bisa dipilih, hampir seluruhnya memiliki cara seperti di atas. Sehingga Anda tidak perlu pusing dalam menentukan FTP dalam mengupload website.

Baca Juga :  Cara Mudah Cek Traffic Website Anda

Biasanya pihak layanan hosting juga akan memberikan rekomendasi FTP sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengikuti saran yang diberikan tersebut jika tidak ingin bingung dalam memilih FTP.

Dengan memahami cara untuk melakukan upload sebuah website ke hosting, Anda bisa membuat web terlihat oleh orang lain. Sehingga orang-orang dapat mengakses web tersebut dan tujuan Anda dapat tercapai.

Jika dilihat secara sekilas, memang cara untuk melakukan hal ini sangat teknis dan terkesan rumit. Namun ketika Anda melakukannya sendiri, cara upload websitehosting sebenarnya sangatlah sederhana.