Tips Memilih Dan Membeli Web Hosting Terbaik, Jangan Sampai Tertipu!

Ketika pertama kali memilih web hosting sangat perlu untuk menerapkan tips khusus. Sebab, ada banyak sekali kemungkinan kerugian apabila membeli secara sembarangan. Misalnya saja harga terlalu mahal sampai keamanan lemah.

Mungkin Anda sering melihat iklan web hosting murah yang bertebaran di internet. Memang, harga murah terbilang sangat menggiurkan. Namun, jangan langsung memesan tanpa pertimbangan apa-apa.

Sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan ialah performa, fitur, pelayanan sampai garansi. Tidak semua produk berharga murah kualitasnya buruk, hanya perlu melakukan riset saja agar tidak salah membeli.

Memperhatikan Kualitas Web Hosting Secara Utuh

Web hosting sebenarnya mirip dengan rumah yang menyimpan banyak barang. Bedanya adalah menyimpan banyak data sebuah website. Sehingga orang lain dapat mengaksesnya secara mudah tanpa menghapalkan kode IP tertentu.

Supaya akses tidak mengalami kendala apapun, perlu menerapkan tips memilih web hosting. Paling utama ialah berkaitan dengan kualitas atau performanya. Apabila Anda masih asing dengan hal ini, simak saja tipsnya berikut.

  1. Performa Server

Tips paling awal ialah mengamati performa server. Bukan berarti produk dari luar negeri akan mempunyai kinerja lebih baik dibanding produk dalam negeri. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai performa ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara menerapkan tips memilih web hostingberdasarkan performanya. Biasanya, penyedia jasa dalam bidang ini akan mencantumkan website klien sebagai portofolio.

Baca Juga :  Ini Dia Aplikasi Penghasil Saldo DANA Yang Lagi Viral

Anda bisa melihat seperti apa performa server dengan riset website klien dari jasa terkait. Apakah servernya mempunyai kecepatan dan stabilitas yang mumpuni. Anda juga dapat membandingkan beberapa klien mereka.

  1. Fitur

Setelah mengamati performa server, tips memilih web hostingselanjutnya ialah mempertimbangkan sejumlah fitur yang dimiliki. Setiap provider pasti menyediakan fitur beragam. Sebenarnya tidak harus mendapatkan fitur paling lengkap.

Pastikan saja mendapatkan sejumlah fitur penting yang benar-benar diperlukan. Misalnya saja proteksi, optimasi sampai keamanan. Jangan sampai hanya membeli harga murah dengan fitur terbatas yang nantinya justru menyulitkan.

  1. Keamanan

Keamanan ialah hal penting namun jarang diperhatikan. Anda pasti tahu bahwa banyak orang yang tidak mempedulikan keamanan data mereka. Padahal dampak pencurian data sangat besar.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan web hosting cukup aman dan mampu menjaga data-data website. Sehingga tidak hilang atau mungkin dicuri oleh hacker. Jadi jangan mengabaikan pentingnya keamanan.

Mengamati Pelayanan yang disediakan Provider

Anda tidak boleh menilai web hosting hanya berdasarkan kualitas produknya saja. Pelayanan dari provider juga sangat penting untuk menunjang aktivitas website Anda di kemudian hari.

  1. Pelayanan

Mengamati pelayanan dari provider merupakan salah satu tips memilih web hostingyang tidak kalah penting. Sebab, Anda sudah mengeluarkan sejumlah dana untuk memperoleh produk.

Pelayanan ini berupa ketersediaan tim khusus yang akan membantu Anda untuk memperoleh dukungan teknis. Misalnya saja suatu saat Anda mengalami masalah atau hambatan dalam web hosting.

Maka, Anda bisa menghubungi provider untuk memperoleh bantuan teknis. Bayangkan saja jika Anda membutuhkan bantuan dalam waktu cepat namun provider tidak menyediakan tim khusus. Pasti akan merepotkan sekali.

  1. Garansi

Tips memilih web hostingselanjutnya ialah memperoleh fasilitas garansi. Terkadang, ketika melihat produk pertama kali tampak sangat bagus. Namun, bisa saja setelah mendapatkannya ternyata fitur sangat tidak memuaskan atau tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga :  Tips Menurunkan Bounce Rate Website, Bisa Dilakukan Sendiri!

Agar tidak menerima kerugian begitu besar, bisa memanfaatkan garansi yang disediakan oleh provider. Misalnya saja garansi berupa pengembalian uang secara penuh. Maka bisa memutuskan untuk membeli di provider lainnya.

Namun, apabila suatu provider tidak menyediakan garansi sama sekali, Anda wajib berhati-hati. Sebab, penyedia jasa berkualitas umumnya akan menawarkan garansi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

  1. Harga

Setiap provider pasti menawarkan harga yang diusahakan dibuat murah namun kualitasnya terbaik. Akan tetapi, ada begitu banyak penyedia jasa yang bersaing harga di pasaran.

Anda bisa menentukan harga yang masih tampak normal meskipun murah. Untuk mengetahui apakah provider tersebut benar-benar kualitas, bisa mengamati klien mereka. Apakah sudah banyak dan ternama atau justru tidak mempunyai portofolio sama sekali.

Memilih Web Hosting dengan Menganalisis Provider

Sebelumnya hanya berfokus pada produk untuk menentukan kualitasnya. Sekarang, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari pihak penyedia hosting. Sebab, sikap, respon dan pelayanan mereka tidak kalah penting.

  1. Pelayanan kepada Pelanggan

Tahukah Anda bahwa situs web sangat rentan diserang oleh hacker? Biasanya untuk meminta tebusan dana atau mencuri data pribadi. Ketika Anda memesan web hosting kepada provider, amati cara mereka melayani Anda.

Apakah provider bersikap hati-hati dengan data pribadi Anda, misalnya menyaring nomor rekening. Setelah mengetahui bagaimana mereka memperlakukan customer, Anda bisa memperkirakan perlakukan terhadap server.

  1. Memasang Firewall

Tips memilih web hostingberkaitan dengan provider selanjutnya adalah apakah mereka memasang firewall situs pada host. Tujuannya adalah mencegah akses lalu lintas berbahaya dan berbagai ancaman ke server.

Fitur keamanan ini harus diperhatikan oleh provider sepanjang waktu. Sebab, bila tidak ada firewall akan mengancam keamanan milik customer juga. Jadi pastikan provider mengedepankan keamanan.

  1. Aktif Sepanjang Waktu

Tips memilih web hostingberikutnya ialah memperhatikan provider yang selalu mengawasi tempat hosting dan berbagai komponen jaringan. Sehingga bisa mencegah akses dari hacker yang hendak mengirimkan kode berbahaya.

Baca Juga :  Panduan Merawat Server Hosting Agar Tidak Terkena Masalah

Jadi, provider perlu mengawasi server dan jaringan sepanjang waktu. Apabila terdapat gangguan sistem bisa segera diatasi tanpa menunggu masalah berlarut-larut. Keamanan customer juga lebih terjamin.

  1. Dapat dihubungi

Ada kalanya Anda akan mengalami masalah pada website. Salah satu cara mengetahui penyebab dan solusinya ialah menghubungi provider web hosting. Jadi Anda perlu memastikan mereka dapat dihubungi kapan saja.

Ketika membuat website, terdapat sejumlah komponen yang diperlukan. Salah satunya ialah memilih web hostingyang tepat sehingga performa website dapat terjaga dan bisa diakses oleh orang lain.