Tips Menurunkan Bounce Rate Website, Bisa Dilakukan Sendiri!

Menurunkan bounce rate websitemenjadi salah satu upaya SEO yang banyak dilakukan. Setiap pemilik web sudah pasti ingin web yang mereka miliki dikunjungi oleh banyak orang.

Hingga akhirnya, untuk dapat mewujudkannya, berbagai macam strategi dilakukan agar bisa meningkatkan trafik website menjadi lebih baik lagi. Namun, dengan begitu banyaknya pengunjung yang berdatangan, Anda harus mempertahankan pengunjung berada di website.

Bila pengunjung website tidak melakukan aktivitas apapun kemudian masuk ke halaman web selama beberapa detik, hal ini bisa menyebabkan bounce rate pada website menjadi tinggi.

Pengertian Bounce Rate Website yang Harus Diketahui

Sebelum mencari tahu cara menurunkan bounce rate website,tentu saja Anda harus mengetahui pengertian bounce rate terlebih dahulu. bounce rate sebenarnya merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan web langsung sesudah membuka satu halaman.

Bisa dikatakan jika bounce rate merupakan sebuah keadaan yang membuat pengunjung hanya membuka halaman web dan tidak melakukan apa-apa, bahkan mereka tidak menekan tombol menu maupun link lainnya di dalam halaman web.

Nilai bounce rate ialah 0 hingga 100 persen. Bila nilai bounce rate yang dimiliki sebuah website tinggi, ini berarti kualitas yang dimiliki website tersebut kurang bagus.

Namun, bila persentase bounce rate pada website tersebut rendah, ini berarti kualitas website menjadi semakin bagus dan banyak orang yang betah berlama-lama berada di dalam website Anda.

Baca Juga :  Manfaat Membeli Domain, Bisa untuk Investasi!

Untuk melakukan perhitungan bounce rate ini sebenarnya mudah. Anda hanya perlu membagi jumlah pengunjung yang mengunjungi satu halaman dengan jumlah total kunjungan, kalikan dengan 100%.

Contohnya saja, dalam satu bulan website yang Anda miliki, Anda memiliki 100 pengunjung, kemudian total pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja adalah 50 pengunjung, berarti bounce rate website yang Anda miliki adalah 50%.

Berbagai Hal yang Mempengaruhi Bounce Rate

Setelah mengetahui pengertian bounce rate, agar bisa menurunkan bounce rate website, tentu saja kita harus mencari tahu hal-hal yang mempengaruhi tingkat rendah dan tingginya bounce rate.

Ada berbagai macam hal yang mempengaruhi rendah dan tingginya bounce rate, seperti:

  1. Link

Link yang dimaksud di sini ialah link yang menjadi penghubung halaman web dengan halaman web yang lainnya. Terdapat 2 jenis linking yang dapat digunakan yakni internal link serta eksternal link.

Untuk internal link, link tersebut mengarah pada sebuah halaman web ke halaman lain di dalam satu web yang sama. Sedangkan untuk eksternal link merupakan link yang mengarah ke halaman web dari website yang berbeda.

  1. Kualitas konten yang Anda miliki

Konten tentu saja menjadi data tarik yang dimiliki sebuah website. Dengan adanya konten ini, sebuah website akan menjadi hidup dan pengunjung akan mengetahui isi website atau bisnis yang sedang Anda promosikan.

Entah konten foto, audio, teks maupun video. Oleh sebab itu penting untuk membuat sebuah konten yang berkualitas serta menarik perhatian pengunjung. Jangan membuat konten yang memiliki sifat plagiarisme.

  1. Desain

Desain juga memberikan pengaruh pada persentase bounce rate website yang Anda miliki. Pastikan, Anda membuat website yang memiliki desain menarik, selain itu bisa membuat pengunjung nyaman ketika mengakses website yang Anda miliki.

Baca Juga :  Pengertian, Jenis dan Cara Memilih Nama Domain dengan Tepat

Jangan sampai membuat pengunjung merasa bingung karena begitu banyaknya widget atau sulit mengakses berbagai macam informasi menarik dalam website.

  1. Kecepatan loading

Dari berbagai macam hal di atas, kecepatan loading juga memegang peran penting bahkan sangat mempengaruhi persentase bounce rate. Hal ini disebabkan karena setiap pengunjung tentu saja ingin waktu loading yang cepat dalam membuka website.

Bila kecepatan website yang Anda miliki lama, tentu saja mereka akan langsung meninggalkan website yang Anda miliki.

Cara Menurunkan Bounce Rate Website

Ada berbagai macam hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan bounce rate pada website, seperti:

  1. Gunakan topik relevan

Bila website yang Anda miliki memperoleh trafik yang berasal dari keyword yang tidak bersinggungan dengan layanan atau produk yang dimiliki, besar kemungkinan angka bounce rate menjadi tinggi.

Oleh sebab itu, ketika melakukan riset keyword, jangan hanya mengandalkan volume pencarian yang tinggi namun Anda juga harus mempertimbangkan relevansinya dengan produk yang sekarang ini sedang Anda tawarkan.

  1. Selalu tingkatkan kualitas konten

Saat pengunjung membuka halaman web yang Anda miliki, belum tentu mereka membaca konten hingga habis, apalagi jika konten yang Anda miliki tidak memiliki isi. Jadi Anda harus meningkatkan kualitas konten untuk menurunkan bounce rate website.

Untuk meningkatkan kualitas konten, Anda bisa membuat artikel dengan paragraph pendek. Artikel dengan paragraph pendek bisa membantu pembaca untuk membaca dengan lebih cepat.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan subheading. Subheading bisa membantu pembaca lebih mudah menemukan poin penting yang berada di dalam sebuah artikel.

  1. Buat konten menggunakan search intent

Cara menurunkan bounce rate websiteyang lainnya adalah membuat konten search intent. Search intentmerupakan sebuah istilah yang dipergunakan untuk bisa mendeskripsikan tujuan pencarian online.

  1. Meningkatkan kecepatan web

Menurut Google, pengguna internet akan meninggalkan web yang mereka kunjungi jika memiliki loading lebih dari 3 detik. Memang benar, hal yang tidak disukai pengunjung website ialah loading lambat.

Baca Juga :  Tips Optimalisasi SEO Website dengan Mudah

Sebagus apapun konten yang sekarang ini Anda buat, bisa membuat mereka langsung meninggalkan website Anda. oleh sebab itu Anda harus melakukan optimalisasi agar bisa meningkatkan kecepatan website.

  1. Pastikan membuat web yang mobile friendly

Sekarang ini banyak orang yang berselancar di dunia maya dengan menggunakan handphone. Oleh sebab itu pastikan untuk membuat web yang mobile friendly. Web yang tidak mobile friendly bisa membuat pengunjung meninggalkan website Anda.

Bounce rate memang menjadi salah satu momok yang cukup menyeramkan dalam website. Namun, dengan menggunakan upaya menurunkan bounce rate websitedi atas, bounce rate yang Anda miliki akan berangsur berkurang.