Beberapa Masalah Pada Website Hosting dan Cara Mengatasinya

Terjadinya masalah pada website hostingtentu merupakan hal yang menyebalkan. Sebab hal ini akan membuat website yang Anda miliki menjadi tidak bisa diakses oleh para pengguna.

Tentunya Anda akan mendapatkan kerugian jika website tidak bisa diakses. Apalagi jika Anda menjalankan website untuk berbisnis secara online. Gangguan pada hosting dapat mempengaruhi penjualan produk.

Oleh karena itu Anda perlu memahami cara mengatasi berbagai masalah tersebut. Sehingga ketika hal ini terjadi, Anda tidak hanya diam dan menunggu hingga masalah selesai dengan sendirinya.

Perlu Anda pahami juga bahwa terdapat beberapa hal yang menyebabkan masalah pada sebuah web hosting. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tentang masalah tersebut serta cara untuk mengatasinya.

Penyebab Masalah Pada Website Hosting

Untuk memahami cara mengatasi masalah yang terjadi pada web hosting, Anda perlu tahu penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat mengambil langkah penanganan yang tepat untuk masalah tersebut.

Sebenarnya terdapat begitu banyak potensi masalah yang bisa terjadi pada sebuah web hosting. Namun berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya sering terjadi dan menyebabkan gangguan pada web hosting.

  1. Lonjakan Trafik

Hal pertama yang membuat sebuah website hosting bermasalah adalah lonjakan trafik. Sebab perlu Anda pahami bahwa setiap layanan hosting pasti menetapkan kapasitas maksimal yang bisa ditampung oleh server.

Baca Juga :  Tips Menurunkan Bounce Rate Website, Bisa Dilakukan Sendiri!

Ketika trafik atau pengunjung website Anda terlalu tinggi, maka server menjadi tidak sanggup menampung secara keseluruhan. Akibatnya hal ini justru akan membuat gangguan pada website Anda.

  1. Masalah Pada DNS

Masalah pada website hostingjuga bisa disebabkan oleh kekeliruan pemasangan DNS. DNS atau Domain Names Server merupakan sistem penamaan domain yang menjadi alamat untuk website Anda.

Sehingga ketika DNS bermasalah atau mati, tentu website menjadi tidak bisa diakses. Tentunya hal ini akan menyebabkan banyak kerugian kepada diri Anda selaku pemilik web.

  1. Penggunaan Aplikasi Bajakan

Penggunaan aplikasi atau plugin bajakan juga merupakan salah hal yang bisa menyebabkan gangguan pada web hosting. Bahkan beberapa aplikasi bajakan merupakan tempat masuknya para hacker.

Sebab sudah tentu aplikasi bajakan tidak memiliki jaminan keamanan. Sehingga dengan menggunakannya akan membuat website Anda menjadi rentan terhadap banyak gangguan termasuk salah satunya adalah serangan hacker.

Cara Mengatasi Masalah Pada Website Hosting

Setelah memahami beberapa penyebab yang biasa menimbulkan masalah dalam suatu web hosting, selanjutnya Anda perlu memahami cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada web hosting.

  1. Meningkatkan Kapasitas Server

Untuk mengatasi masalah lonjakan trafik yang terlalu besar, Anda bisa meningkatkan kapasitas server. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa langsung menghubungi ke layanan penyedia hosting.

Biasanya layanan penyedia hosting memiliki beberapa pilihan paket dengan kapasitas yang lebih besar. Memang biaya untuk paket tersebut akan lebih mahal hanya saja Anda jadi bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

  1. Lakukan Pengecekan DNS Secara Berkala

Pastikan Anda melakukan pengecekan DNS secara berkala agar masalah pada website hostingakibat kesalahan pada DNS dapat diatasi. Setidaknya lakukan pengecekan ini sebanyak satu kali dalam satu atau dua minggu.

Baca Juga :  Tips Memilih Dan Membeli Web Hosting Terbaik, Jangan Sampai Tertipu!

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa DNS sudah terpasang dengan baik. Sehingga ketika orang-orang mengetik domain milik Anda, mereka akan mengarah pada website yang Anda miliki.

  1. Periksa Setiap Aplikasi & Plugin yang Hendak Dipasang

Untuk masalah penggunaan aplikasi bajakan, tentu Anda harus mulai meninggalkannya ketika membangun sebuah website. Namun terkadang, beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka menggunakan aplikasi atau plugin bajakan.

Karena itulah Anda harus teliti dalam memilih aplikasi dan plugin yang hendak dipasang. Jangan sampai Anda terburu-buru dalam memasang aplikasi atau plugin namun ternyata aplikasi tersebut adalah bajakan.

Beberapa Masalah Pada Website Hosting Lainnya

Selain masalah-masalah yang telah kami sebutkan di atas, masih terdapat beberapa masalah lain pada web hosting. Berikut adalah beberapa masalah lain yang ada pada web hosting serta cara untuk mengatasinya.

  1. Tampilan Tidak Berubah Ketika Mengedit Halaman

Beberapa orang seringkali mendapatkan masalah berupa halaman yang tidak berubah meski telah diedit. Namun sebenarnya menyelesaikan masalah ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghapus cache browser dan melakukan load kembali.

  1. Masa Aktif Situs Telah Habis

Jika terdapat pemberitahuan bahwa masa aktif situs telah habis, artinya masa hosting Anda telah melewati waktu langganan. Segera hubungi penyedia layanan hosting untuk melakukan pembaruan.

Selain itu, hal ini biasanya juga disebabkan ketika Anda melakukan perubahan pada situs sehingga menyebabkan downtime. Anda juga perlu menghubungi pihak penyedia hosting untuk menyelesaikan masalah ini.

  1. Website Tidak Menampilkan Gambar

Masalah pada website hostingyang juga sering muncul adalah tidak dapat menampilkan gambar. Hal ini bisa disebabkan oleh gagalnya proses pengunggahan gambar atau gambar berada di folder yang keliru.

Baca Juga :  Tips Menentukan Control Panel Web Hosting dan Rekomendasinya

Pada penyebab masalah pertama, Anda hanya perlu melakukan proses pengunggahan ulang. Sementara pada masalah kedua, Anda perlu melihat menempatkan kembali gambar di folder yang tepat.

  1. Muncul Keterangan Coming Soon Ketika Mengedit Halaman

Jika Anda telah mengedit halaman namun hanya muncul keterangan coming soon, kemungkinan disebabkan karena browser Anda belum memuat versi baru. Lakukan clear cache pada browser untuk mengatasi hal ini.

Setelah memahami beberapa permasalahan yang biasanya muncul pada sebuah web hosting, sekarang Anda sudah tidak perlu panik menghadapi hal ini. Sebab seluruh masalah tersebut sudah Anda pahami solusinya.

Dengan begitu juga dalam waktu cepat Anda bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Sehingga masalah pada website hostingtidak akan menyebabkan kerugian pada Anda selaku pemilik website.