Panduan Merawat Server Hosting Agar Tidak Terkena Masalah

Agar website tetap dapat berjalan secara optimal, Anda perlu memahami cara merawat server hosting. Sebab gangguan pada server akan menyebabkan website bermasalah bahkan hingga tidak bisa diakses.

Tentu sebagai pemilik website, Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Karena itulah sangat penting bagi Anda untuk rutin melakukan perawatan server terlebih jika menggunakan VPS hosting.

Sebab seluruh perawatan dan pengelolaan server pada VPS hosting harus Anda lakukan seorang diri. Silahkan pahami penjelasan kami berikut ini agar Anda tidak keliru ketika melakukan perawatan server.

Cara Merawat Server Hosting Website

VPS hosting memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan cloud hosting. Namun sebagai gantinya, pihak penyedia layanan hosting tidak akan melakukan perawatan hosting sehingga Anda perlu melakukannya sendiri.

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar sebuah server tidak mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan terhadap server hosting website Anda.

  1. Melakukan Pencadangan Data

Mencadangkan data merupakan langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam merawat sebuah server. Sehingga ketika terjadi masalah di kemudian hari, data website Anda tidak akan hilang.

Pastikan seluruh data telah secara lengkap dicadangkan. Selain itu, pastikan juga tidak terjadi masalah ketika Anda melakukan pencadangan data. Proses pencadangan data juga perlu dilakukan secara rutin.

  1. Melakukan Update OS

Cara merawat server hostingyang selanjutnya adalah dengan rutin melakukan pembaharuan OS. Hal ini biasanya sering dilewatkan oleh para pengelola website karena merasa tidak begitu penting.

Baca Juga :  Ingin Membeli Nama Domain? Hal Ini Wajib Anda Perhatikan

Padahal melakukan update OS sangat penting termasuk salah satunya untuk keamanan data. Jika OS tidak rutin diperbaharui, maka server Anda akan sangat rentan terhadap peretasan.

  1. Melakukan Update Aplikasi

Beberapa masalah keamanan juga biasanya muncul akibat aplikasi yang sudah usang. Sehingga segera perbarui aplikasi agar potensi terjadinya masalah di dalam server Anda semakin kecil.

  1. Periksa Keamanan Sistem

Anda juga harus melakukan pemeriksaan keamanan sistem secara rutin. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan alat audit. Dengan begitu server dan website Anda akan terjamin dalam aspek keamanan.

Lebih Baik Merawat Server Hosting Sendiri Atau Tidak?

Hal yang sering menjadi pertanyaan oleh para pengelola website adalah lebih baik melakukan perawatan server sendiri atau tidak. Sebab hal ini juga akan menentukan jenis hosting yang dipilih.

Jika ingin melakukan perawatan server sendiri, maka Anda bisa memilih hosting dengan jenis VPS atau dedicated. Namun terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin merawat server sendiri.

  1. Keahlian

Melakukan perawatan server membutuhkan keahlian teknis yang baik. Sebab jika tidak, justru bisa terjadi masalah pada server yang Anda miliki. Oleh karena itu sebaiknya pilihan ini diambil jika memiliki keahlian.

Jika Anda atau tim tidak ada yang ahli dalam melakukan perawatan server, lebih baik memilih managed hosting. Sehingga proses perawatan server akan dilakukan oleh pemilik layanan hosting.

  1. Waktu

Merawat server hostingjuga menuntut Anda untuk meluangkan waktu cukup banyak. Sebab server harus selalu dipantau agar potensi masalah dapat segera diatasi dari sedini mungkin.

Sehingga bagi beberapa orang melakukan perawatan server secara mandiri adalah hal sulit. Sebab mereka harus membagi waktu dengan urusan lain seperti pengembangan bisnis, pengelolaan tim dan beberapa hal lainnya.

  1. Tenaga

Melakukan perawatan server juga memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Hal ini berkaitan dengan waktu untuk selalu stand by dan memantau agar potensi masalah pada server dapat segera diatasi.

Baca Juga :  Beberapa Masalah Pada Website Hosting dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu diperlukan suatu tim IT yang berdedikasi dalam melakukan perawatan server. Tentunya pihak penyedia layanan server memiliki tim tersebut sehingga tidak terlalu sulit untuk melakukannya.

Namun bagi bisnis dengan jumlah tim kecil, hal ini terbilang sangat sulit. Karena Anda harus membagi sumber daya yang dimiliki untuk melakukan perawatan server sehingga akan mengorbankan bidang lainnya.

Panduan Perawatanuntuk Managed Hosting

Banyak yang beranggapan bahwa memahami cara merawat server hostinghanya diperlukan jika menggunakan VPS atau dedicated hosting. Sementara jika menggunakan managed hosting seperti shared atau cloud, maka tidak perlu memahaminya.

Padahal anggapan ini bisa dikatakan keliru. Sebab meski menggunakan managed hosting, Anda juga perlu melakukan perawatan hosting. Berikut adalah beberapa perawatan hosting pada managed hosting.

  1. Mengecek Kapasitas Hosting

Ketika Anda memilih paket layanan dari penyedia hosting, pasti terdapat pilihan kapasitas. Tentunya Anda perlu memilih kapasitas hosting sesuai dengan kebutuhan. Namun seiring berjalannya waktu, kebutuhan tersebut bisa berubah.

Bisa jadi dalam beberapa waktu, Anda akan membutuhkan kapasitas hosting yang lebih besar. Sehingga pastikan kapasitas hosting tetap mencukupi atau melakukan upgrade agar mendapatkan kapasitas tambahan.

  1. Mengecek File Pada Hosting

Untuk merawat server hosting, Anda juga perlu melakukan pengecekan file pada hosting. Jangan sampai terdapat file berbahaya yang membuat website Anda mudah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Lakukan pengecekan tersebut secara rutin untuk memberikan jaminan terhadap website Anda. Anda bisa melakukan hal ini sebanyak satu kali dalam satu minggu jika waktunya memungkinkan.

  1. Rutin Mengecek Inbox Email

Email merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk meretas sebuah website. Sehingga Anda perlu secara rutin melakukan pengecekan email untuk memastikan tidak ada hal yang mencurigakan.

Baca Juga :  Manfaat Membuat Website Bagi Bisnis Kita, Ini Caranya Mendatangkan Konsumen

Melakukan perawatan pada server dengan managed hosting tentu tidak sesulit pada VPS atau dedicated hosting. Sebab memang secara umum perawatan sudah dilakukan oleh pihak penyedia layanan hosting.

Meski sebenarnya melakukan perawatan hosting bagi perusahaan dengan tim besar dan ahli juga adalah hal mudah. Karena memang ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan VPS atau dedicated hosting.

Namun tentu Anda perlu memperhitungkan apakah memang tim Anda sudah cukup untuk bisa melakukan perawatan hosting sendiri. Jika sudah cukup, maka tidak perlu ragu untuk merawat server hosting sendiri.